welcome

Welcome to My Dreams!

Jumat, 31 Desember 2010

TUGAS UAS SIDKOM

1. Sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa sistem informasi sangat penting bagi kegiatan dakwah ?
Sistem informasi sangat penting bagi dakwah, karena dengan system informasi kita melakukan;
a. pengambilan keputusan
b. penyusunan perencanaan
c. pengawasan
d. evaluasi
e. perumusan kebijakan, dan
f. untuk mengantisipasi perubahan, baik dalam ekonomi global, masyarakat berbasis pengetahuan atau informasi, dan tantangan dakwah global.
2. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi ? Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan sistem informasi ?
Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi yang di organisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi ( Alter, 1992), atau kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood,1993). Kegiatan yang dilakukan adalah input, proses dan output.
3. Apakah dampak internet terhadap dakwah ? Jelaskan?
internet merupakan media yang efektif bagi dakwah dan penyebaran informasi. Meskipun demikian internet tidak akan bisa menggantikan peran ulama, kyai dan ustadz, internet hanyalah sebuah media komunikasi, justru seorang pendakwah dapat dengan mudah memiliki jutaan umat saat mereka menggunakan Internet.
4. Apa yang dimaksud dengan dakwah virtual? Apa mnfaat dakwah virtual?

Dakwah virtual adalah kegiatan dakwah yang dilakukan melalui media digital atau media teknologi informasi berupa tv, radio, internet, dan lainnya.
Manfaatnya adalah para da’i akan menguasai teknologi sehingga dakwah akan menyebar dengan cepat dan pesat
5. Sebutkandan jelaskan empat dampak computer dan system informasi terhadap kualitas dakwah?
a. Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif.
Dakwah merupakan kegiatan komunikasi, sehingga ketika dalam berdakwah akan lebih efektif jika melibatkan komputer dan teknologi informasi.
b. Komputer sebagai pusat informasi.
Dakwah perlu penyiaran, makanya dalam menyiarkan risalah keagamaan tidak cukup dengan cuap – di atas panggung. Mengingat masyarakat yang sudah mengenal teknologi. Maka dalam berdakwahpun harus menggunakan komputer sebagai pusat informasi.

6. Apa yang dimaksud dengan local area network (LAN) ? Apa saja komponen dari LAN ? Apa fungsi dari setiap komponen?
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
karakteristik LAN sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Teknologi LAN terdiri dari teknologi jabel (kawat terpilin, koaksial, fiber optik) atau teknologi nirkabel yang menghubungkan perangkat-perangkat computer individu, kartu-kartu jaringan (yang merupakan adapter khusus sebagai antar muka untuk kabel), dan perangkat lunak untuk mengendalikan aktivitas LAN
7. Sebutkan dan jelaskan beberapa topologi jaringan tang utama?
Jenis Topologi
1. Topologi BUS
Topologi Bus adalah kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya.
a. Karakteristik Topologi BUS
 Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.
 Sangat sederhana dalam instalasi
 Sangat ekonomis dalam biaya.
 Paket‐paket data saling bersimpangan pada suatu kabel
 Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah Tconnector pada setiap Ethernet card.
 Problem yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
b. Keuntungan Topologi BUS
 Topologi yang sederhana
 Kabel yang digunakan sedikit untuk menghubungkan komputer‐komputer atau peralatan-pralatan yag lain.
 Biayanya lebih murah dibandingkan dengan susunan pengkabelan yang lain.
 Cukup mudah apabila kita ingin memperluas jaringan pada topologi bus.
c. Kerugian Topologi BUS
 Traffic (lalu lintas) yang padat akan sangat memperlambat bus.
 Setiap barrel connector yang digunakan sebagai penghubung memperlemah sinyal elektrik yang dikirimkan, dan kebanyakan akan menghalangi sinyal untuk dapat diterima dengan benar.
 Sangat sulit untuk melakukan troubleshoot pada bus.
 Lebih lambat dibandingkan dengan topologi yang lain.



2. Topologi Star
Topologi Star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah
a. Karakteristik Topologi STAR
 Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB)
 Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
 Sangat mudah dikembangkan
 Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
 Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.
a. Keuntungan Topologi STAR
 Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu aktvitas jaringan yang sedang berlangsung.
 Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka computer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan star.
 Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
a. Kelemahan Topologi STAR
 Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi.
 Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke satu central point, jadi lebih banyak membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan yang lain.
 Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub.
 Lalulintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat.





3. Topologi Ring / cincin
Topologi cincin adalah topologi jarigan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
a. Karaktristik Topologi RING
 Node‐node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.
 Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus.
 Paket‐paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collision dapat dihindarkan.
 Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
 Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).
b. Keuntungan Topologi RING
 Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.
 Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanan dari server.
 Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
 Waktu untuk mengakses data lebih optimal.
c. Kelemahan Topologi RING
 Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
 Menambah atau mengurangi computer akan mengacaukan jaringan.
 Sulit untuk melakukan konfigurasi ulang.




4. Topologi Mesh
 Topologi mesh menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
 jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.
a. Keuntungan Topologi MESH
 Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
 Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
 Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.

b. Kelemahan Topologi MESH
 Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan‐peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
 Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

5. Topologi Pohon/topologi jaringan bertingkat
Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
pengoperasiannya.
c. Karakteristik Topologi MESH
 Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan‐peralatan yang ada.
terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam
Gambar Topologi Jaringan


8. Jelaskan:
a. WAN
b. MAN
c. 3G
d. Modem
a. WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
b. Man ( Metropolitan area network), yaitu Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi dan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya
c. 3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology atau biasa dibaca triji. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless) dan merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS. Beberapa perusahaan seluler dunia akan menjadikan 3G sebagai standar baru jaringan nirkabel yang beredar di pasaran ataupun negara berkembang.
Karakteristik 3G
 Layanan suara dan data dengan bit rate tinggi, termasuk layanan multimedia.
 Packet-switch.
 Campuran dari berbagai layanan.
 Enhanced Multiple Access Techniques.
 Pola modulasi dengan efisiensi yang tinggi.
 Bisa berdampingan dengan 2G.
Kendala-kendala dalam pengaplikasian 3G
 Mendefinisikan teknologi yang akan dipakai
 Daerah yang akan diimplentasikan
 Hambatan pada implementasi global
 Siapa yang akan diuntungkan
 Keuntungan apa yang akan diperoleh

d. Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator.
Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisditransmisikan.
Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterimasehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang
disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya
istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada computer.
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi
Modem adalah suatu piranti periferi yang memungkinkan transmisi data melalui saluran telepon.


9. Mengapa system computer begitu banyak kelemahannya? Jelaskan ancaman yang paling sering menyerang system informasi sekarang ini!
Karena sistem informasi mengkonsentrasikan data pada file – file komputer yang bisa diakses oleh sejumlah besar orang atau kelompok diluar organisasi. Konsekuensinya, data terotomatisasi itu semakin terbuka lebar untuk perusakan, pencurian, kesalahan, dan penyalahgunaan.
Ancaman yang paling sering menyerang sistem informasi yaitu kegagalan perangkat keras, kegagalan perangkat lunak, tindakan personil, penetrasi akses terminal, pencurian data, layanan, perlengkapan, kebakaran, masalah – masalah listrik, kesalahan – kesalahan pengguna, perubahan – perubahan program, masalah – masalah telekomunikasi.

10. Apa yang dimaksud dengan malware? Sebutkan antara perbedaan antara virus, worm, dan trojan!
Malware adalah singkatan malicious software, terinstalasinya sebuah software tanpa sepengetahuan anda yang bertujuan merusak atau mengintai setiap aktivitas yang dilakukan pada komputer tersebut. sehingga mengakibatkan kinerja sistem komputer tersebut menjadi menurun bahkan tidak bisa bereaksi sama sekali akibat infeksi dari malware tersebut sehingga mengakibatkan kerugian. Pada umumnya malware itu dibuat sengaja oleh programmer virus untuk menginfeksi sistem komputer target, dengan latar belakang hanya untuk mencari ketenaran dalam dunia cyber ataupun tujuan lain. Begitu banyak malware seperti virus lokal merebak silih berganti menginfeksi sistem komputer setiap harinya dengan varian yang berbeda-beda, contoh: virus brontok, dll. Bahkan adapun pembuatan malware secara singkat hanya tinggal satu kali klik, sepertihalnya tools virus generator yang tersebar bebas di dunia internet secara gratis program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software.Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating
Perbedaan antara virus, worm, Trojan
Trojan adalah program yang tampaknya berguna dan tidak berbahaya tetapi di desain untuk mengeksploitasi sistem dan merusak bagian program yang dijangkitinya. Trojan tidak dapat me-replika dirinya sendiri atau merupakan sisipan program virus yang digunakan untuk menghancurkan data atau file didalam suatu computer.
Worm adalah program yang dapat ber-reproduksi ulang dan dapat menyebar ke seluruh sistem jaringan secara otomatis atau merupakan program jahat yang bekerja di dalam jaringan yang cara kerjanya, yaitu menghancurkan atau memakan data atau file dan merusak hardisk dan memori, yang ada pada komputer korban, seperti cacing
Virus adalah program yang bisa mereplika dirinya sendiri, menulari program-program lain dan menjadikan file-file program yang tertular sebagai infector dan merusak software, hardware, bahkan data yang sedang berproses atau kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinya disisipkan ke satu program lain atau lebih. Program menginfeksi program-program lain dengan memodifikasi program-program itu. Modifikasi itu termasuk memasukkan kopian program program virus yang kemudian dapat menginfeksi program-program lain. Selain hanya propagasi, salah satu program jahat ini biasanya melakukan fungsi yang tak diinginkan.

11. Apa keuntungan menggunakan sebuah sistem informasi dakwah?
Kegiatan dakwah akan lebih terarah dan terukur keberhasilannya. Dengan adanya sistem informasi, kita dapat melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dan dengan kecepatan yang tinggi, menyediakan komunikasi dalam dan antar organisasi, menyimpan organisasi yang mudah diakses, meningkatkan efisiensi dan efektifitas, yaitu:
a. Menyediakan informasi yang jelas.
b. Mengotomatisasi proses yang tadinya manual.
c. Mempercepat pengetikan dan editing.
d. Menekan pembiayaan menjadi lebih murah.

12 Cari sebuah model sistem informasi dakwah dan buat deskripsinya?
Yaitu menggunakan :
a. Technology Acceptance Model (TAM)
Model ini telah banyak digunakan dalam penelitian sistem informasi untuk mengetahui reaksi pengguna terhadap sistem informasi (Landry et. al., 2006). Metode TAM ini pertama sekali dikenalkan oleh Davis pada tahun 1989.
TAM adalah teori sistem informasi yang membuat model tentang bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakan teknologi. Model ini mengusulkan bahwa ketika pengguna ditawarkan untuk menggunakan suatu sistem yang baru, sejumlah faktor mempengaruhi keputusan mereka tentang bagaimana dan kapan akan menggunakan sistem tersebut, khususnya dalam hal: usefulness (pengguna yakin bahwa dengan menggunakan sistem ini akan meningkatkan kinerjanya), ease of use (di mana pengguna yakin bahwa menggunakan sistem ini akan membebaskannya dari kesulitan, dalam artian bahwa sistem ini mudah dalam penggunaannya).

TAM yang memiliki elemen yang kuat tentang perilaku (behavioural), mengasumsikan bahwa ketika seseorang membentuk suatu bagian untuk bertindak, mereka akan bebas untuk bertindak tanpa batasan (gambar 1). Beberapa penelitian telah mereplikasi studi Davis untuk memberi bukti empiris terhadap hubungan yang ada antara usefulness, ease of use dan system use (Furneaux, 2006a).
13. Apa saja karakteristik DSS? Apa perbedaan DSS dan ESS?
a. Karakteristik DSS:
• DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
• Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
• DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi.
• DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

b. Perbedaan DSS dengan ESS
DDS yang memperkirakan perjalanan ini sangat bergantung kepada model analitis. Jenis DDS lainnya yang klurang didorong oleh model. Justru berfokus pada pengambilan informasi yang berguna untuk menunjang pembuatan keputusan dari jumlah data yang bnayak. DDS sebagai sistem inteligensi bisnis karena system ini berfokus pada membantu penggunaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Sedangkan sistem pendukung eksekutif (executive support system-ESS) membantu manajemen senior membuat keputusan ini. ESS menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi dan pendekatan karena tidak terdapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi. ESS menyediakan perhitungan umum dan kapasitas komunikasi yang dapat diterapkan pada berbagai perubahan masalah.

Daftar pustaka
http://www.total.or.id/info.php?kk=3Gs
http://nokiaedition.blogspot.com/2008/06/pengertian-3g.html
Scott, george m. 2004. Prinsip-prinsip Sistem Informasi manajemen. PT.RajaGrafindo Perasada: jakarta.
Laudon, Kenneth C. dan Jane P Laudon. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi
Rochaety, Eti, dkk. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
http://www.scribd.com/doc/344736/FUNGSI-HUB-DAN-SWITCH-HUB-TUGAS
http://www.slideshare.net/irvan132/network-card-nic
http://www.scribd.com/doc/18961830/FungsiFungsi-Perangkat-Keras-Internet
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100328024249AADk7OM
http://www.balinter.net/news_294_Apa_Pengertian_Dari_Malwarehtml
http://andriabdoelaziz.blogspot.com/2009/04/pengertian-tentang-malware.html
http://www.total.or.id/info.php?kk=Virus
http://dinasucidarwati.wordpress.com/2010/10/22/karakteristik-dss-dinamis-untuk-lingkungan-bisnis-dinamis-2/
http://infosahabatbsi.blogspot.com/2010/12/pengertian-ess.html
http://wawanindiartono.wordpress.com/2010/07/16/topologi-jaringan/
http://lukisalam.com/?cat=11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar